PENGARUH
PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP PERGAULAN SISWA SMA NEGERI 1 1 KOTA BANDA ACEH
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Internet ialah jaringan global
antar komputer untuk berkomunikasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya di
belahan dunia. Seperti sekolah, universitas, institusi biset, museum bank,
perusahaan bisnis, perorangan, stasiun TV ataupun radio. Internet berfungsi sebagai
aspek komunikasi, penyediaan informasi, dan fasilitas untuk promosi. Internet
dapat menghubungkan kita dengan berbagai pihak dan berbagai lokasi di seluruh
dunia. Misalnya kita bisa kirim data atau suratdengan berbagai pihak di
seluruh dunia dengan menggunakan fasilitas electronic mail. Selain fasilitas
E-mail internet juga menyediakan fasilitas untuk mengobrol yang dalam internet
disebut chatting. Kemampuan internet lainnya adalah usenet, yaitu forum yang
disediakan bagi pengguna internet untuk berbagai informasi dan pemikiran
mengenai suatu topic melalui bulletin elektronik. Dengan menggunakan forum ini
pengguna dapat mengirim pesan mengenai topic bersangkutan dan menerima
tanggapan dari pihak lain. Internet terhubung dengan ratusan katalog perpustakaan,
sehingga penggunaannya dapat meneliti ribuan data base yang terbuka untuk umum
melalui jaringan tersebut yang disediakan oleh perusahaan, pemerintah ataupun
nasabah. Pengguna internet dapat mempergunakan informasi ini untuk berbagai
keperluan. Beberapa metode atau alat untuk mengakses komputer dan mencari file
yang dapat diterapkan melalui internet adalah gopher, archine dan wide area
information serves. Dalam dunia bisnis internet digunakan sebagai alat
penghubung yang praktis untuk komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan,
tanpa harus memikirkan waktu dan lokasi.
Berdasarkan alasan diatas penulis
tertarik untuk mengadakan penelitian terhadap pengaruh internet terhadap siswa
dengan judul “Pengaruh Penggunaan Internet terhadap Pergaulan Siswa SMA Negeri
1 1 Kota Banda Aceh.”
- Pembatasan Masalah
Penelitian ini agar lebih terarah
dalam pembahasannya maka penulis mencoba membatasi masalah pada pengaruh
penggunaan internet terhadap pergaulan siswa dengan judulPengaruh Penggunaan
Internet Terhadap Pergaulan Siswa SMA Negeri 1 1 Kota Banda Aceh”.
- Perumusan Masalah
- Bagaimana sejarah terciptanya internet ?
- Apakah dampak positif penggunaan internet bagi siswa di SMA Negeri 1 1 Kota Banda Aceh?
- Apakah dampak negatif penggunaan internet bagi siswa SMA Negeri 1 1 Kota Banda Aceh?
- Apa pengaruh penggunaan internet terhadap pergaulan siswa di SMA Negeri 1 1 Kota Banda Aceh?
- Tujuan Penelitian
- Tujuan Umum Penelitian
- Sebagai persyaratan mengikuti Ujian Nasional SMA Negeri 1 1 Kota Banda Aceh
- Dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi penelitian serupa
- Tujuan Khusus Penelitian
- Untuk mengetahui sejarah terciptanya internet.
- Untuk mengetahui dampak positif penggunaan internet bagi siswa di SMA Negeri 1 1 Kota Banda Aceh.
- Untuk mengetahui dampak negatif penggunaan internet bagi siswa di SMA Negeri 1 1 Kota Banda Aceh.
- Untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet terhadap pergaulan siswa di SMA Negeri 1 1 Kota Banda Aceh.
- Manfaat Penelitian
- Peneliti dapat memperoleh gambaran tentang pengaruh penggunaan internet bagi siswa di SMA Negeri 1 1 Kota Banda Aceh.
- Peneliti dapat memberikan masukan pada pihak-pihak yang berkepentingan dengan internet.
- Peneliti dapat mengetahui tentang dampak positif dan negatif dalam penggunaan internet.
- Peneliti dapat memberikan sumbangan walaupun kecil kepada ilmu pengetahuan.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A. Pengertian
Internet
Internet adalah suatu jaringan
komputer yang satu dengan yag lain yang saling terhubung untuk keperluan
komunikasi dan informasi. Sebuah komputer dalam suatu jaringan internet dapat
berada dimana saja atau bahkan diseluruh Indonesia. Sering juga internet diartikan
sebagai jaringan komputer diseluruh dunia yang berisikan informasi dan sebagai
sarana komunikasi data yang berupa suara, gambar, video dan juga teks.
Informasi ini dibuat oleh penyelenggara atau pemilik jaringan komputer yang
menitipkan informasinya kepada penyedia layanan internet. Kegunaan internet
bila kita melakukan akses di internet banyak sekali keuntungan yang dapat kita
peroleh. Berikut beberapa kegunaan akses internet antara lain tercantum pada
uraian dibawah ini, khususnya dalam dunia bisnis sarana informasi dan
komunikasi, internet juga digunakan sebagai media komunikasi dan promosi.
Internet sudah semakin popular digunakan sebagai media komunikasi interaktif
oleh berbagai pihak dalam bentuk e-mail, dukungan pelanggan dengan “www”, videoconfercing,
internet realy chat dan internat phone. Pertukaran data dan informasi dengan
sistim administrasi pemerintahan (e-government) atau sebagai besources
discovery. Untuk kebutuhan sistem perdagangan (e-commerce) internet sangat
banyak digunakan yaitu perdagangan lewat bisnis dengan internet. Internet juga
semakin intensif dalam aktivitas perbankan, seperti untuk baking online yang
memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi secara online di depan komputer
mereka.
B. Pengaruh
Internet Terhadap Pergaulan Remaja
Pengaruh internet terhadap
pergaulan remaja dapat dilihat lewat empat parameter, yakni, perkembangan
fisik, perkembangan kognitif, perkembangan emosional.
1. Perkembangan
fisik
Seorang remaja pada masanya
mengalami perubahan-perubahan pada tubuh, otak, kapasitas sensoris dan
keterampilan motorik. Perubahan-perubahan itu merupakan peralihan dari fisik
anak-anak menuju fisik orang dewasa. Dalam hal ini internet dapat merangsang
pertumbuhan fisik remaja. Situs-situs vulgar, cybersex yang berisi
materi-materi yang berbahaya secara tidak langsung merangsang pertumbuhan dan
perkembangan seksualitas seorang remaja. Dalam hal ini peran orangtua sangat
penting untuk memberi pemahaman terhadap perkembangan seksualitas remaja.
Meskipun demikian kecanduan internet juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan
fisik seorang remaja, bahkan dapat mengganggu perkembangan fisiknya.
2. Perkembangan
kognitif
Para remaja sangat aktif
membangun dunia kognitifnya. Mereka sudah sudah mempunyai pola piker sendiri
dalam menanggapi masalah, memilah-milah dan mengorganisir ide-ide dan
menciptakan ide baru. Internet dapat menjadi salah satu sarana remaja
memperoleh informasi serta jawaban-jawaban dari masalah yang dihadapi internet
dapat memperluas wawasan berpikir remaja. Akan tetapi apabila seorang remaja
kecanduan internet, ia menjadi terikat pada internet. Internet terlalu
dijadikan satu-satunya sumber kebenaran. Seorang remaja tidak lagi mampu
membedakan hal-hal mana yang nyata dan mana yang maya, baginya yang maya juga
nyata. Remaja menjadi kehilangan pola pikirnya sendiri.
3. Perkembangan
emosional
Masa remaja merupakan masa yang
penuh gejolak bagi remaja. Ketegangan emosi meninggi karena adanya perubahan
fisik dan kelenjar, pencarian identitas diri, serta konflik-konflik sosial.
Selain itu, remaja sangat rentan terhadap pendapat orang lain tentang dirinya.
Remaja sangat mempertahankan dirinya sendiri. Dalam diri remaja juga mulai
timbul rasa cinta dan kasih sayang terhadap orang lain, khususnya lawan jenis.
C. Macam-macam
Fasilitas Internet
1. Electronic
Mail atau E-mail
2. Discussion
Groups
3. FTP
4. Telnet
5. Gopher
6. World
Wide Web
1. Electronic
Mail atau E-mail
Email adalah surat satau pesan
elektronik yang dikirimkan dan diterima oleh dan antar idividu atau komputer.
Email bekerja seperti mesin penjawab telepon, walaupun kita sedang tidak online
dengan internet, kita masih bisa menerima email dari seluruh penjuru dunia.
2. Discussion
Groups
Biasanya kita gunakan email untuk
orang-orang yang sudah kita kenal dengan baik, akan tetapi kita juga dapat
gunakan email untuk saling bertukar informasi, berdiskusi dan berdialog dengan
orang ain.
3. FTP
FTP atau File Transfer Protocol,
adalah layanan internet untuk melakukan transfer file antara komputer kita
dengan server di internet. Cukup banyak server di internet yang menyediakan
layanan ini, sehingga kita bisa melengkapi file-file di server ke komputer
kita, hali ini yang disebut download. Selain itu kita juga bisa melengkapi
file-file di komputer kita ke server internet, hal ini disebut upload.
4. Telnet
Beberapa server di internet
memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang
diinstal pada komputer itu. Layanan ini disebut dengan telnet. Penggunaan
server ini sama seperti kalau kita melakukannya pada komputer di jaringan
lokal.
5. Gopher
Gopher adalah aplikasi perangkat
lunak yang tersusun atas untaian meni sistem pencarian dan penemuan kembali.
Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan
informasi yang tersedia secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk
mengolah dan menunjuk kesebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP
untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
6. World
Wide Web
World Wide Web adalah layanan
internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan
tekhnologinya. Layanan ini menggunakan hypertext yang disebut hyperlink untuk
merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web dapat berisi
suara, gambar, animasi, text dan program perangkat lunak yang menyusunnya
menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah
browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML (Skrip Halaman Web)
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Metode
Pengumpulan Data
1. Sasaran
Penelitian
Sasaran dalam penelitian hal ini
adalah semua siswa SMA Negeri 1 1 Kota Banda Aceh baik laki-laki ata perempuan
yang menggunakan fasilitas internet.
2. Lokasi
Penelitian
Lokasi ditetapkan di SMA Negeri 1
1 Kota Banda Aceh Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh.
3. Metode
Penelitian
Dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan pendekatan metode deskriptif. Metode deskriptif yaitu suatu metode
dalam penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan suatu gejala atau peristiwa
yang terjadi pada situasi sekarang.
4. Metode
Pengambilan Sampel
Metode pangambilan sample yang
digunakan adalah metode berimbang (Proposional Random Sampling) dimana peneliti
terlebih dahulu mencari data siswa yang memakai fasilitas internet. Berimbang
masing-msing 10% dari siswa yang menggunakan fasilitas internet dan 10% siswa
yang tidak menggunakan fasilitas internet. Sample tersebut berguna untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh internet terhadap pergaulan siswa SMA Negeri
1 1 Kota Banda Aceh.
5. Metode
Pengumpulan Data
a. Wawancara
Yaitu cara mendapatkan informasi
dengan bertanya langsung kepada responden.
b. Angket
Yaitu dengan menyebarkan daftar
pertanyaan yang harus diisi oleh responden.
6. Sumber
Data
a. Data
primer, diperoleh dari para informan dan situasi-situasi sosial melalui metode
dan cara-cara seperti yang telah dijelaskan diatas.
b. Data
sekunder, diperoleh dari catatan-catatan yang ada di lokasi penelitian.
B. Metode
Analisis Data
Metode analisis dalam penelitian
ini adalah metode kepustakaan yaitu metode dengan mengambil data dari bahan
pustaka yang relevan dengan bahan penelitian. Selain dengan menggunakan metode
kepustakaan, metode yang digunakan adalah metode observasi yaitu metode dengan
pengumpulan data dengan menggunakan indera.
BAB IV
HASL PENELITIAN
A. Sejarah
Terciptanya Internet
Internet merupakan jaringan
komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969
melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency
Network), dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan
software komputer berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak
yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk
jaringan, kehandalan seberapa besar informasi dapat dipindahkan dan akhirnya
semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protocol
baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP. Pada mulanya ARPANET hanya
menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of
California, Santa Barbara, University of Utah, dimana mereka membentuk satu
jaringan terpadu di tahun 1969 dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan
oktober 1972. tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat diseluruh daerah
dan semua universitas di negaratersebut ingin bergabung, sehingga membuat
ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua
yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil
untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua
jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian
disederhanakan menjadi Internet.
B. Dampak
Positif Penggunaan Internet
Internet lebih banyak membantu
manusia dalam segala aspek kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh
dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet apapun dapat kita lakukan baik
positif maupun negatif. Internet sebagai media komunikasi merupakan fungsi
internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat
berkomunikasi dengan pengguna lainnya diseluruh dunia. Media pertukaran data
dengan menggunakan email, newsgroup, Hp, dan www. Para pengguna internet di
seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah, media
untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang sangat pesat,
menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat,
kemudahan memperoleh informasi yang paling penting dan akurat. Kemudahan
memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang
terjadi, bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan,
kebudayaan dll.
C. Dampak
Negatif Penggunaan Internet
Internet kata yang tidak asing di
telinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya
dunia yang berteknologi mewah dan praktis. Para pelajar yang baru mengenal
internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh
seperti gambar-gambar yang tidak senonoh, atau video-video aneh yang bersifat
asusila lainnya yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari siswa itu
sendiri. Sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap
proses pembelajaran di sekolah. Hal ini dapat menjadi sebuah penghancur
generasi muda. Remaja adaah makhluk yang rentan terhadap perubahan
disekitarnya. Dia akan mengikuti hal yang paling dominan yang berada didekatnya
jadi kemungkinan terjadinya perubahan yang drastis dalam masa-masa remaja akan
mendorong kemana arah remaja itu berjalan. Karena positif atau negatif
tergantung dari mana dia memulai.
D. Pengaruh
Penggunaan Internet Terhadap Pergaulan Siswa di SMA Negeri 1 1 Kota Banda Aceh
Jaringan sosial ini menurut
kebanyakan siswa di SMA Negeri 1 1 Kota Banda Aceh merupakan hal yang harus
diketahui, siswa juga mempergunakan internet sebagai sumber untuk mencari dan
mendapatkan tugas dari sekolah. Facebook, Twitter dan Plurk merupakan contoh
jejaring social yang banyak diminati kalangan pelajar.
1. Dampak
positif
a. Media
untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan
WWW sebagai salah satu sumber informasi akurat.
b. Kemudahan
memperoleh informasi yang ada di internet sehingga siswa SMA Negeri 1 1 Kota
Banda Aceh bisa mengetahui apa yang terjadi di luar sana.
c. Sarana
sosial dengan masyarakat luas sehingga siswa di SMA Negeri 1 1 Kota Banda Aceh menggunakan
internet untuk berkomunikasi dengan masyarakat luas seperti menggunakan
facebook dan twitter.
2. Dampak
negatif
a. Anggapan
yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, sebagian siswa SMA
Negeri 1 1 Kota Banda Aceh menggunakannya untuk membuka situs-situs pornografi
dan mendownloadnya.
b. Dapat
membuat orang kecanduan, terutama yang menyangkut ponografi dan siswa dapat
menghabiskan uang jajannya karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
c. Siswa
jadi malas belajar karena ketagihan dengan berbagai macam jaringan sosial.
Cara menanggulangi dampak negatif
dari internet:
- Orang tua hendaknya ikut serta mengawasi dan memberi pengertian/arahan kepada anak supaya memanfaatkan internet untuk kegiatan yang positif.
- Pemerintah seharusnya memberi kritik dan saran maupun masukan kepada penyedia layanan internet agar menutup situs-situs yang berdampak negatif bagi remaja dan pelajar.
- Diharapkan agar pihak penyedia layanan internet menyajikan situs-situs yang mendidik para remaja dan pelajar dan menutup situs-situs yang berbau pornografi dan kekerasan.
E. Angket
Dalam laporan penelitian ini saya
mempergunakan angket untuk mengetahui pernyataan tentang internet terutama
dikalangan pelajar dan angket yang saya buat yaitu sebagai berikut :
1. Apakah kamu mengenal internet ?
2. Apakah kamu kesulitan dalam mengoperasiakan internet ?
3. Seberapa sering kamu menggunakan internet ?
4. Berapa lama kamu harus di depan komputer setiap menggunakan internet ?
5. Dimanakah kamu sering menggunakan internet ?
6. Situs apa sajakah yang sering kamu jelajahi ?
7. Manfaat apa saja yang kamu dapatkan dari internet ?
8. Apakah internet sekarang sudah menjadi salah satu kebutuhanmu?
2. Apakah kamu kesulitan dalam mengoperasiakan internet ?
3. Seberapa sering kamu menggunakan internet ?
4. Berapa lama kamu harus di depan komputer setiap menggunakan internet ?
5. Dimanakah kamu sering menggunakan internet ?
6. Situs apa sajakah yang sering kamu jelajahi ?
7. Manfaat apa saja yang kamu dapatkan dari internet ?
8. Apakah internet sekarang sudah menjadi salah satu kebutuhanmu?
Dari pernyataan pelajar yang telah mengisi angket yang saya
buat, saya dapat membuat analisis sebagai berikut :
1. Pelajar yang mengenal internet sebesar :
1. Pelajar yang mengenal internet sebesar :
10/10 × 100 % = 100 %
2. Pelajar yang tidak kesulitan dalam pengoperasian internet
sebesar :
8 /10 × 100 % = 80 %
3. Pelajar yang paling sering menggunakan internet 1 kali dalam seminggu sebesar :
3. Pelajar yang paling sering menggunakan internet 1 kali dalam seminggu sebesar :
5/10 × 100 % = 50 %
4. Pelajar yang mengahabiskan waktu untuk berinternet Selama
2 jam sebesar :
6/10 × 100 % = 60 %
5. Pelajar yang mengoperasikan internet di warnet sebesar :
5. Pelajar yang mengoperasikan internet di warnet sebesar :
7/10 × 100 %= 70 %
6. Pelajar yang lebih sering menjelajahi situs Google sebesar :
6. Pelajar yang lebih sering menjelajahi situs Google sebesar :
7/10 × 100 % = 70 %
7. Pelajar yang mendapatkan manfaat dari internet yaitu menambah informasi terbaru sebesar :
7. Pelajar yang mendapatkan manfaat dari internet yaitu menambah informasi terbaru sebesar :
10/10 × 100 % = 100 %
8. Pelajar yang telah menganggap internet sebagai salah satu kebutuhan mereka sebesar :
8. Pelajar yang telah menganggap internet sebagai salah satu kebutuhan mereka sebesar :
9/10 × 100 % = 90 %
Rincian pernyataan atau jawaban dari beberapa pelajar yang
telah mengisi angket saya :
a. Pelajar pertama
a. Pelajar pertama
1. Ya.
2. Tidak.
3. 5 kali dalam sehari.
4. 1 jam.
5. Rumah.
6. Friendster,blog, web site, Yahoo Messenger.
7. a. Dapat melihat nilai tugas sekolah.
2. Tidak.
3. 5 kali dalam sehari.
4. 1 jam.
5. Rumah.
6. Friendster,blog, web site, Yahoo Messenger.
7. a. Dapat melihat nilai tugas sekolah.
b. Menambah teman.
c. Menambah wawasan.
c. Menambah wawasan.
8. Ya ,namun terkantung kebutuhan.
b. Pelajar kedua
1. Ya.
2. Tidak.
3. Semiggu sekali.
4. 2 jam.
5. Hp dan waenet.
6. Google, friendster,blog,game online.
7. a. Menambah wawasan pendidikan .
2. Tidak.
3. Semiggu sekali.
4. 2 jam.
5. Hp dan waenet.
6. Google, friendster,blog,game online.
7. a. Menambah wawasan pendidikan .
b. Menambah keakrapan teman.Ya karena sekarang adalah zaman
modernisasi yang semuanya serba cepat jadi internet sangatlah dibutuhkan
c. Pelajar ketiga
1. Pasti.
2. Tidak.
3. 3 kali dalam seminggu.
4. 2 jam.
5. Rumah.
6. Friendster.
7. a. Sebagai hiburan.
2. Tidak.
3. 3 kali dalam seminggu.
4. 2 jam.
5. Rumah.
6. Friendster.
7. a. Sebagai hiburan.
b. Menambah wawasan.
c. Menambah teman .
c. Menambah teman .
8. Ya, karena banyak tugas dari sekolah yang membutuhkan
internet.
d. Pelajar keempat
1. Ya.
2. Tidak.
3. 4 kali dalam seminggu.
4. 1 ½ jam – 1 jam.
5. Warnet.
6. Friendster,google.
7. a. Mendapat banyak teman.
2. Tidak.
3. 4 kali dalam seminggu.
4. 1 ½ jam – 1 jam.
5. Warnet.
6. Friendster,google.
7. a. Mendapat banyak teman.
b.Memperoleh banyak informasi.
8. Ya , karena kecanduan.
e. Pelajar kelima
1. Ya.
2. Tidak.
3. 3 kali dalam seminggu.
4. 1 ½ jam - 1 jam.
5. Warnet.
6. Google.
7. a. Menambah teman.
2. Tidak.
3. 3 kali dalam seminggu.
4. 1 ½ jam - 1 jam.
5. Warnet.
6. Google.
7. a. Menambah teman.
b. Menambah Pengetahuan.
8. Ya ,karena tugas dari sekolah banyak yang menggunakan
internet.
f. Pelajar keenam
1 Ya.
2 Tidak.
3 3 kali dalam seminggu.
4 2 jam.
5 Warnet.
6 Friendster.
7 a. Mendapat informasi.
2 Tidak.
3 3 kali dalam seminggu.
4 2 jam.
5 Warnet.
6 Friendster.
7 a. Mendapat informasi.
b. Menambah banyak teman.
8. Ya, karena tugas sekolah banyak yang menggunakan
internet.
g. Pelajar ketujuh
1. Ya.
2. Sedikit kesulitan.
3. 1 – 2 kali dalam seminggu.
4. 2 jam.
5. Warnet.
6. Friendster,google.
7. a. Menambah teman.
2. Sedikit kesulitan.
3. 1 – 2 kali dalam seminggu.
4. 2 jam.
5. Warnet.
6. Friendster,google.
7. a. Menambah teman.
b. Menambah wawasan.
8. Ya , karena banyak tugas sekolah yang membutuhkan
internet.
h. Pelajar kedelapan
1. Ya.
2. Tidak.
3. 1 kali dalam seminggu.
4. 2 jam.
5. Warnet.
6. Google.
7. a. Menambah wawasan,
2. Tidak.
3. 1 kali dalam seminggu.
4. 2 jam.
5. Warnet.
6. Google.
7. a. Menambah wawasan,
b. Mendapat informasi yang terbaru .
8. Ya, karena dengan internet lebih mudah dan cepat
informasinya.
i. Pelajar Kesembilan
1. Ya.
2. Tidak.
3. 1 kali dalam seminggu.
4. 45 menit – 1 jam.
5. Warnet.
6. Google
7. a. Menambah teman.
2. Tidak.
3. 1 kali dalam seminggu.
4. 45 menit – 1 jam.
5. Warnet.
6. Google
7. a. Menambah teman.
b. Menambah informasi dan ilmu
8. Ya, karena di internet informasinya sangatlah berragam
dan lebih efisien.
j. Pelajar kesepuluh
1. Ya.
2. Ya.
3. 1 kali dalam seminggu.
4. 3 jam.
5. Warnet.
6. Google dan You-tube.
7. a. Menambah teman.
2. Ya.
3. 1 kali dalam seminggu.
4. 3 jam.
5. Warnet.
6. Google dan You-tube.
7. a. Menambah teman.
b. Mendapat informasi yang tidak
ada di buku.
8. Tidak karena lebih mudag nyari
di buku.
BAB V
PENUTUP
Penulis mengetahui betapa
besarnya peran internet bagi pelajarsehingga penulis berusaha untuk mengungkap
tentang berbagai dampak dan manfaat dari pengaruh penggunaan internet terhadap
aktivitas dan mentalitas pelajar. Namun penulis menyadari bahwa dalam pembuatan
karya tulis ini masih ada kekurangan-kekurangan sehingga hasilnya kurang dari
kesempurnaan dan mungkin kurang memuaskan bagi para pembaca. Hal ini disebabkan
keterbatasan kemampuan dari penulis, oleh karena itu sebelumnya penulis minta
maaf. Serta penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang
telah membantu dalam penyusunan karya tulis ini sebab masih terdapat kekurangan
dan kesalahan dalam penulisan karya tulis ini, maka penulis akan menerima
adanya kritik dan saran dari pembaca yang berguna untuk membangun kesempurnaan
penulisan karya tulis ini.
Mudah-mudahan karya tulis ini
dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk menambah pengetahuan khususnya bagi
mereka yang ingin memperluas pengalaman tentang berbagai pengaruh dari adanya
perkembangan internet terhadap aktivitas belajar dan juga mentalitas pelajar.
A. Kesimpulan
Setelah penulis mengadakan
penulisan tentang pengaruh penggunaan internet terhadap siswa di SMA Negeri 1 1
Kota Banda Aceh maka penulis menyimpulkan sebagai berikut :
- Dengan kita melihat internet kita dapat memperoleh bermacam-macam hiburan informasi dan lain-lain.
- Internat juga mempunyai manfaat yang penting khususnya para pelajar dan masyaraat pada umumnya, sebab internet akan dapat menambah pengetahuan yang sangat luas.
- Internet mempunyai beberapa dampak positif dan negatif.
B. Saran
Dari hasil pembuatan karya tulis
ini penulis dapat memberikan beberapa saran sebagai berikut ini yaitu :
1. Dengan
adanya internet hendaknya kita wajib bersyukur karena dengan menggunakan
internet kita mengetahui bermacam-macam berita dan informasi yang lain, tetapi
hendaknya kita waspada terhadap internet yang mampunyai dampak negatif sebab
dampak negatif dapat berakibat buruk bagi kita sendiri.
2. Internet
juga dapat untuk menambah pengetahuan yang luas, tetapi hendaknya kita dapat
mengatur waktu atau membagi waktu agar kita dapat menyelesaikan pekerjaan atau
tugas kita dengan baik dan tepat waktu walaupun internet itu sangat menarik
serta sebaiknya kita jangan menunda tugas serta kewajiban kita dalam kehidupan
sehari-hari.
3. Sebagai
pelajar seharusnya kita dapat membagi waktu dan tidak mudah terpengaruh pada
internet yang kurang baik untuk ditiru maka sebaiknya kita dapat menilai mana
yang baik untuk kita tiru dan yang harus kita hindari.
Selain saran-saran yang diberikan
oleh penulis juga terdapat saran dari salah satu pihak yang juga
sangat berperan dalam hal tersebut diatas :
1. Saran
pemerintah
Pemerintah hendaknya memberikan
anjuran yang terbaik bagi masyarakat khususnya bagi pelajar. Pemerintah
seharusnya memberikan kritik dan saran maupun masukan pihak penyedia layanan
internet agar internet menampilkan dan menyajikan situs-situs yang bermanfaat
bagi kita.
2. Saran
orang tua
Sebagai orang tua sebaiknya kita
dapat mengetahui segala sesuatu yang sedang dilakukan oelh anak misalnya anak
sedang menggunakan internet hendaknya kita harus ikut serta mengewasi secara
langsung maupun tidak langsung apa yang mereka buka di internet. Salah satu
situs internet menyajikan pornografi, sebaiknya kita melarang anak untuk
membuka situs tersebut agar anak tersebut tidak melihat situs tersebut karena
tidak sesuai dengan umur mereka. Sebab setelah melihat situs internet internet
yang kurang mendidik itu biasanya anak tidak segan-segan untuk meniru
adegan-adegan yang mereka lihat (saksikan). Hal itu akan dapat berpengaruh pada
diri mereka.
DAFTAR PUSTAKA
http://duniabaca.com/pengaruh-internet-manfaat-internet-serta-dampak-positif-dan-negatif-internet-bagi-penggunanya.html
http://edukasi.kompasiana.com/2012/02/06/pengaruh-internet/
http://teknologi.kompasiana.com/internet/2012/02/03/pengaruh-internet-untuk-pelajar/
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar